Soal Aksi Demo Desak KPK,Direktur LSM CePAD Kasmuin, Himbau Warga Sidoarjo Tetap Hormati Proses Hukum dan Jaga Sidoarjo Tetap Kondusif


Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat Centre For Partisipatory Development (CePAD) Kasmuin.

DIMENSINEWS.COM SIDOARJO; Aksi unjuk rasa damai yang mendesak Lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilakukan puluhan aktivis gabungan dari berbagai elemen untuk segera menangkap Bupati Sidoarjo Muhdlor Ali di depan Pendopo Delta Wibawa Senin (6/5) tadi
ditanggapi datar oleh Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Centre for Participatory Development (CePad) Sidoarjo Kasmuin.
Aktivis gaek tersebut menilai,aksi unjuk rasa yang dilakukan puluhan warga bebagai elemen pagi tadi sangat positif bila bertujuan untuk menegakkan supremasi hukum.Lebih-lebih bila mendukung upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.
Namun menurutnya,upaya/tindakan tersebut tetap harus mengedepankan prinsip praduga tak bersalah.
Sebagai aktivis yang sudah malang melintang di rimba pergerakan,salah satu pendiri Organisasi Forgres (Forum Gerakan Reformasi Sidoarjo) tahun 1998 itu menghimbau agar apapun bentuk dan tindakan aksi demonstrasi yang dilakukan harus tetap menghormati proses hukum yang dilakukan oleh lembaga KPK terhadap Bupati Ahmad Muhdlor.
“Karena yang lebih penting selain dari proses penegakan hukum yang dilakukan KPK saat ini adalah bagaimana kita bisa bersama-aama tetap menjaga jalannya roda pemerintahan tetap kondusif, sehingga proses pembangunan, pelayanan, dan pemberdayaan masyarakat di semua lini yang saat ini tengah berjalan bisa tetap berjalan dengan aman dan normal”tukas Kasmuin.
“Aksi unjuk rasa adalah bagian penting dari prinsip demokrasi.Dan itu dilindungi Undang-undang maka sah-sah sja bila mau melakukan aksi demo maupun komentar terkait kasus yang menjerat Bupati Sidoarjo. Tapi tetap harus sesuai koridor dan pada batas-batas kepatutannya. Apalagi Kita semua tahu saat ini proses hukum sedang berjalan.Jadi ad baiknya kita dukung serta kawal proses hukum ini bersama-sama.Kita hargai aparatur yang bertugas dengan tidak menjustifikasi serta bentuk-bentuk penggiringan opini,” beber Kasmuin saat ditemui, di Base Camp CePad.Komplek GOR Indoor Jl Pahlawan sore tadi.
Selaras dengan yang dituntut oleh sebagian warga yang aksi unjuk rasa di Pendopo Delta Wibawa tadi,dirinya selain mendukung penuh upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh KPK, juga berharap agar KPK bisa melakukan penyidikan secara mendalam terhadap kasus ini sehingga kasus tersebut dapat tertangani dengan seadil-adilnya.
“Kita pasrahkan saja semuanya kepada penegak hukum dalam hal ini KPK dan hormati prosesnya. Jangan termakan narasi kontraproduktif agar suasana pemerintahan Sidoarjo dingin dan berjalan dengan baik,” ujarnya.(Dillah)

Berita Terkait

Top