H Usman M.Kes,Si Cerdas Yang Mendapat Restu Kiai Sepuh Untuk Running Pilkada Sidoarjo 2024.


H Usman M Kes.Ketua DPRD Sidoarjo memastikan diri untuk maju/running dalam kontestasi Pilkada Sidoarjo 2024 yang bakal dihelat mulai Bulan Agustus depan.(Dillah)

DIMENSINEWS.COM SIDOARJO; H Ustman M Kes memang cerdas.Di kalangan politisi di lintas partai di Sdoarjo,Legislator kawakan asal PKB yang juga msih menyandang predikat dokter gigi tersebut selama kurun waktu 5 tahun terakhir dikenal sangat cerdik dan piawai bermanuver politik.
Setidaknya salah satunya dibuktikannya dengan manuver politik dengan secara tiba_tiba pada Hari Sabtu (16/3) dinihari lalu memasang puluhan baliho besar bergambar dirinya lengkap dengan tulisan besar berbunyi Marhaban Ya Ramadhan dan logo Sdoarjo Bangkit Berkelanjutan.
Meski dlam baliho berukuran rata-rata
1,5×2 M itu, Aba Usman,bgitu panggilan akrab kader NU tulen ini tidak secara jelas menyebut motif dan tujuan politik,
Namun pemasangan baliho tersebut tak urung juga menimbulkan spekulasi bahkan tanggapan beragam pula..
Sejumlah kalangan menilai manuver ini hanya sebagai upaya untuk test ombak (pinjam istilahnya Bu Susi mantan Menteri Perikanan) yang bertujuan untuk memancing reaksi serta bargaining politik dirinya untuk persiapan kontestasi Pilkada yang dihelat Bulan Agustus depan.
Tapi tak sedikit pula yang menilai manuver Aba Usman ini sangat positif untuk memecah kebuntuan persoalan politik terutama polemik sulitnya mencari figur dan kandidat pemimpin daerah yang sesuai dan pas pasca adanya Operasi tangkap tangan (OTT) KPK yang menyeret beberapa pejabat kepala di instansi BPPD serta Bupati Muhdlor Ali beberapa pekan lalu.
Bahkan sebagian pihak lagi menilai aksi pemasangan baliho tersebut adalah tindakan yang bisa dibilang nekat yang mana hnya akan membuat konfrontasi politik terbuka khusunya di internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Benarkah demikian,,?Merespon berbagai tanggapan tersebut,Aba Usman menjawab dengan santai namun tegas mengatakan sangat menghargai apapun bentuk tanggapan warga Sidoarjo terkait pemasangan baliho dirinya.
“Ia tidak apa2 Mas.Semua warga Sidoarjo boleh memberikan respon,penilaian dan mngkin pernyataan sikap.setidkanya dengan bgini warga bis terlibat secara aktif dalam. mengikuti perkembangan politik ke depan “paparbAba Usman saat dikonfirmasi Senin (18/3) pagi tadi.
Orang nomor 1 di DPRD Sidoarjo ini bahkan lebih tegas menyatakan memberi sinyal kepada publik Sidoarjo bahwa dirinya akan running Pilkada 2024. .
Lebih lanjut, Abah Usman tidak menampik kalau Pilkada 2024, merupakan momentum bagi dirinya mengambil kesempatan agar dapat berperan lebih besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Sidoarjo. Sebagai politikus, dia tidak akan menyia-nyiakan momentum agar bisa berbuat lebih maksimal untuk kepentingan mayarakat.
“Dan memang, saya telah membuat keputusan bulat untuk ikut dalam konstestasi Pilkada 2024,” ujarnya.
Keputusan ini, lanjut Usman, memang bukan serta merta diambil, namun sudah melalui berbagai pertimbangan dan kalkulasi politik dengan segala dinamikanya. Termasuk berkonsultasi dengan sesama fungsionaris dan kalangan kader partai yang memberikan lampu hijau untuk maju dalam Pilkada.
Dari semuanya yang.paling penting adalah restu para ulama Sidoarjo dalam berkontestasi pemilihan bupati dan wakil bupati itu. “Sebagai warga nahdliyin, tentunya sangat penting bertawadhu terhadap poro kiai,” tutur Abah Usman
Sementara itu dukungan berbagai elemen masyarakat terus mengalir terhadap keputusan Abah Usman. Termasuk pula kalangan pemuda Nahdlatul Ulama yang mengapresiasi atas keputusan itu
“Suatu keputusan yang berani dan harus kita dukung. Kita tahu bahwa Abah Usman, merupakan salah satu kader terbaik PKB yang menitih karir dari mulai bawah,” kata Sujani S.Sos, tokoh pemuda NU Sidoarjo.
Sujani yang biasa disapa dengan sebutan Bupati Swasta (Buwas) dan mengelola WA Group Suara Publik Sidoarjo yang beranggotakan 400 orang dari berbagai elemen masyarakat ini menambahkan, terkait dengan eskalasi Pilkada Sidoarjo tidak bisa lepas dari PKB. Apalagi sejak diberlakukan pilkada langsung, PKB selalu memenanginya. Hanya saja, saat ini PKB terkesan krisis kepemimpinan.
“Pilkada kemarin, suatu bukti bahwa kader PKB tidak percaya diri untuk maju sendiri. Sehingga harus mengusung Gus Muhdlor. Nah, pada Pilkada kali ini kader PKB harus berani tampil sendiri, dan tidak mengusung orang luar.
Sehingga majunya Abah Usman, tentunya patut diapresiasi. Karena beliau juga termasuk kader terbaik PKB Sidoarjo,” tegasnya.
Dukungan sama dilontarkan Imam S, kader senior NU di Balongbendo. “Abah Usman itu asli NU, dan memang sudah tidak asing bagi warga nahdliyin. Dan memang sudah saatnya untuk maju dalam Pilkada 2024,” ujarnya.(Dillah)

Berita Terkait

Top