PENCANANGAN GEBER: Pjs Bupati Isa Anshori Bersama 15 Ribu ASN Kerja Bhakti di Alun-alun Sidoarjo


Pencanangan Gerakan Bersih (Geber) Sidoarjo ditandai dengan penyerahan sapu lidi oleh Pjs Bupati Muhammad Isa Anshori, sekaligus memimpin para ASN kerja bhakti membersikan kawasan alun-alun Sidoarjo.

DIMENSINEWS – SIDOARJO; Banyak cara meningkatkan kesadaran masyarakat agar terus menjaga lingkungan bersih dan sehat. Seperti dilakukan Pemkab Sidoarjo telah mencanangkan Gerakan Bersih (Geber) Sidoarjo, yang mengawali dengan kegiatan kerja bhakti massal di kawasan Alun-alun Sidoarjo dan sekitarnya, pada Jumat (4/10) pagi.  

Giat ini dimulai pukul 06.00 ini pun mendapat sambutan yang penuh antusias dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkab Sidoarjo. Ditandaidengan  penyerahan sapu lidi oleh Pjs Bupati Muhammad Isa Ashori A.TD, M.T, yang sekaligus memimpin sekitar 15 ribu ASN pada giat Geber tersebut.

Mereka langsung beraktivitas secara serentak bersih-bersih kawasan Alun-alu Sidoarjo. Termasuk Pjs Isa Anshori yang terlihat begitu bersemangat beraktivitas membersikan sampah di kawasan sekitarnya.  Di antara peserta ada pula yang menyapu, memungut sampah hingga mengecat pembatas pendestrian. Program Geber Sidoarjo ini merupakan inisiasi para petugas menjaga kebersihan lingkungan Sidoarjo bersama ASN Sidoarjo dan seluruh masyarakat Sidoarjo.

Pjs Bupati Muhammad Isa Anshori memimpin langsung kerja bhakti di Alun-Alun Sidoarjo.

Pjs Bupati Sidoarjo Muhammad Isa Anshori mengatakan pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan di Sidoarjo. Selain sebagai kebutuhan menopang tercipatkan lingkungan yang sehat, juga untuk memberi kenyamanan dan keindahan lingkungan sekitarnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh ASN Sidoarjo tidak segan-segan menjaga lingkungan, sebagai wujud dari pencanangan Geber Sidoarjo. “Giat Geber berupa kerja bakti ini dilakukan seluruh OPD Sidoarjo. Selain itu dilakukan seluruh kecamatan, desa dan kelurahan, sekolah serta badan usaha dan seluruh lapisan masyarakat. “Mereka serentak kerjabakti bersama di lingkungannya masing-masing. Tentunya saya meminta dan juga berharap giat ini terus dilakukan secara periodik baik di kawasan perkotaan hingga pedesaan sebagai upaya menjaga lingkungan bersih, sehat dan nyaman,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pjs Bupati Isa Anshori mengatakan sosialisasi menjaga kebersihan akan terus dilakukan. Harapannya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungannya terus meningkat. Pihaknya ingin menjaga kebersihan menjadi budaya warga Sidoarjo. “Kota yang maju dan modern itu dapat terlihat dari kebersihannya. Sehingga budaya menjaga kebersihan harus kita bangun bersama. Karena kebersihan lingkungan itu mutlak dan wajib dipelihara,” tegasnya.

Ditambahkan,menjaga kebersihan tentunya bukan tanggung jawab pemerintah semata. Namun juga bersama seluruh lapisan masyarakat, termasuk stakeholder harus terlibat aktif dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya terpeliharanya lingkungan yang bersih,  sehat dan nyaman.

“Tentunya para ASN Sidoarjo, saya harapkannya menjadi pioneer dalam membangun kesadaran masyatakat sehingga menjaga kebersihan menjadi budaya bersama,” kata Pjs Isa Anshori seraya kembali menagaskan bahwa kebersihan ini bukan hanya menjadi tangung jawab petugas-petugas kebersihan, namun juga menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat Sidoarjo. (dilah/rhema)

 

Berita Terkait

Top