Gus Muhdlor Lanjutkan ‘Program Renovasi Warung Rakyat’, Tahun 2024 Target 400 Warung Diperbaiki


Bupati Ahmad Muhdlor Ali, pada acara sosialisasi program renovasi warung rakyat di Pendapa Delta Wibawa Sidoarjo.

DIMENSINEWS – SIDOARJO : Berbagai program strategis yang langsung menyentuh masyarakat, Bupati H. Ahmad Muhdlor Ali, memastikan dilanjutkan pada tahun anggaran 2024. Salah satunya adalah Program Renovasi Warung Rakyat sebagai upaya meningkakan perekonomian masyarakat Sidoarjo.

Kebijakan ini pun merupakan salah satu 17 program prioritas pemerintahan Bupati Ahmad Muhdlor bersama Wakil Bupati Subandi SH, yang ditetapkan dalam Perda Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021 – 2026. 

Untuk pelaksanaan program tahun ini, Gus Muhdlor, sapaan Bupati Sidoarjo mengatakan akan menyasar 400 warung warga Sidoarjo, sebagai target yang hendak direnovasi. Ini merupakan program tahun ke tiga,–dimulai tahun 2022, sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Kabupaten Sidoarjo.

Di mana, pada tahun 2022 lalu, pihaknya berhasil merenovasi 393 warung. Lalu pada tahun 2023 berhasil merenovasi 422 warung. “Nah, pada tahun 2024 ini kami kembali menargetkan sebanyak 400 warung direnovasi,” kata Gus Muhdlor, pada Senin (26/2) siang.

Sebelumnya, program ‘bedah warung rakyat’ ini telah disosialisasinya di Pendapa Delta Wibawa Sidoarjo. Gus Muhdlor menambahkan bahwa program bedah renovasi warung rakyat ini dibuat dalam 5 tahun dengan target 2.000 warung rakyat akan diperbaiki yang tersebar di 18 kecamatan. “Selama 5 tahun kami targetkan terealisasi sebanyak 2.000 warung rakyat direnovasi, sehingga tiap tahunnya kami targetkan 400 warung yang direnovasi. Saat ini telah memasuki tahun ke tiga,” jelasnya.

Pihaknya berharap dengan cara mendukung ekonomi mikro yang ada di Sidoarjo ini dapat membuat Kabupaten Sidoarjo terus tumbuh dalam segi ekonominya dan kesejahteraan rakyatnya.  “Pelajaran saat covid-19 lalu, yaitu ekonomi mikro jauh lebih kuat dan tahan banting dibandingkan dengan ekonomi makro. Sehingga dengan cara terus mensejahterakan ekonomi mikro ini, dapat menjadikan rakyat kecil sejahtera dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sidoarjo,” tuturnya.

Lebih lanjut, Gus Muhdlor  berpesan agar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo selalu hadir untuk masyarakat kecil yang membutuhkan bantuan dan pemerintah harus selalu ada untuk rakyatnya.  “Spirit yang harus kami (Pemerintah Kabupaten Sidoarjo) jaga adalah pengabdian kepada wong cilik, dan harus dipastikan kehadiran pemerintah selalu ada terutama kepada warga yang benar-benar membutuhkan, dahulukan yang janda, anaknya banyak, dan yang memikul beban keluarga,” katanya.  

Penyerahan sertifikat atas program renovasi warung rakyat oleh Gus Muhdlor kepala warga penerima program tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo, Mohamad Edi Kurniadi mengatakan bahwa tujuan warung direnovasi adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. “Dengan cara merenovasi warung rakyat seperti toko kelontong, warung nasi, dan sebagainya maka akan menjadikan warung bersih, sehat, dan indah sehingga dapat meningkatkan omzet,” ujarnya.

Ditambahkan, pelaksanaan Program Warung Rakyat Direnovasi di tahun 2024 ini akan menyasar sebanyak 6 Kecamatan diantaranya Kecamatan Sukodono, Kecamatan Krembung, kecamatan Porong, Kecamatan jabon, kecamatan Tarik, dan Kecamatan Prambon. “Tahun ini masih masih sama sasarannya 6 Kecamatan, namun keenam kecamatan tersebut belum menerima manfaat di tahun-tahun kemarin,” tuturnya.

Bak gayung tersambut. Progam ‘bedah warung’ disikapi suka cita masyarakat Sidoarjo. Sumarni, yang warungnya direnovasi pada tahun 2023, mengaku bersyukur atas program ini sehingga tempat jualannya bagus dan bersih setelah diperbaiki Pemkab Sidoarjo.  “Alhamdulillah, terimakasih Pak Bupati, program ini sangat membantu toko kelontong saya ramai dan naik omsetnya, karena warung saya menjadi lebih bersih dan indah sehingga pembeli senang dan nyaman,” ucap Sumarni, warga Ketegan, Kecamatan Taman.

Senada dikatakan Yuli, penjual nasi yang juga penerima program warung rakyat direnovasi dari Buduran berharap penerima program tetap menjaga kebersihan dan keindahan warungnya. “Saya sangat senang. Program ini betul betul membantu rakyat kecil,” ujarnya. (*/dilah)

Berita Terkait

Top