“E-Voucher”,Solusi Cerdas PT ISS Tingkatkan Pendapatan Jasa Parkir


Beberapa petugas operator system layanan pembayaran jasa parkir berbasis digital  ‘e-voucher’ dari PT ISS saat uji coba di obyek parkir di Puskesmas Buduran dan Puskesmas Sukodono Rabu (31/7) pagi hingga siang tadi.

Direktur operasional PT ISS Dian Sutjipto saat memberikan penjelasan kepada awak media terkait keunggulan system layanan parkir menggunakan e-voucher.(Dillah)

DIMENSINEWS.COM SIDOARJO: Meski masih didera berbagai persoalan pelik soal kesepakatan Kerja sama operasional (KSO) dengan OPD Dinas Perhubungan Kab. Sidoarjo terkait pengelolaan parkir,namun managemen PT Indonesia Sarana Service (PT ISS) tetap berkomitmen kuat untuk terus melaksanakan kewajiban-kewajibannya sebagaimana isi dalam Perjanjian kerja sama (PKS) yang dibuat kedua belah pihak.
Salah satu wujud komitmen PT ISS adalah dengan membuat inovasi baru layanan parkir berbasis digital dengan menggunakan kartu E-Voucer.
Dengan mengusung motto parkir cashless (non tunai) dan paperless (karcis elektronik) terobosan layanan pembayaran parkir berlangganan dengan E-Voucer tersebut,Rabu (31/7) pagi tadi, diujicobakan dengan mengambil obyek parkir di Puskesmas Buduran dan Sukodono.
“Setelah melalui berbagai riset panjang serta berbagai pertimbangan,hari ini layanan jasa pembayaran parkir dengan program e-voucher ini kami uji cobakan,”tukas direktur operasional PT ISS, Dian Sutjipto, kepada awak media disela kesibukannya memantau jalanya uji Coba dilapangan.
Upaya ini lanjut Dian, panggilan akrab pengusaha muda ini selain menjadi bukti bahwa dibalik tantangan luar biasa yg dihadapi ISS dalam melaksanakan amanah kerjasama penyelenggaraan layanan perparkiran di kabupaten Sidoarjo,.
Pihaknya selaku rekanan/penyelenggara jasa perparkiran tetap berusaha memenuhi komitmen dan kewajibannya terkait peningkatan pelayanan parkir di Sidoarjo. “Tentu saja motivasi dan goals utama dari semua langkah peningkatan pelayanan kepada pengguna dan kemudahan bagi petugas parkir adalah bertujuan untuk peningkatan pendapatan dari sektor layanan parkir yang nantinya diharapkan juga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah ( PAD) dari sektor Perparkiran.
Ditanya apa sja kelebihan dan kemudahan dari sistem e -voucher ini, Dian menjelaskan bahwa sistem ini memberikan pelayanan pembayaran parkir yang mudah dan murah.
Dimana selain warga pengguna layanan parkir hanya butuh kurang dari 4 detik untuk melakukan tape in dan tape out (masuk dan keluar areal parkir). Juga warga hanya perlu membayar jasa parkir sebesar Rp 2.000 untuk durasi/ jangka waktu parkir sehari semalam di semua titik parkir digital yang dikelola PT ISS.
“Namun karena ini masih tahap uji coba ,untuk sementara uji coba layanan pembayaran parkir ini masih untuk pengguna roda dua/sepeda motor.”Mudah-mudahan dalam waktu dekat layanan pembayaran parkir untuk mobil akan segera kami launching juga,” ucapnya.
Terkait apa dan bagaimana warga bisa mendapatkan layanan kartu e-voucher, Dian menjelaskan,warga/pengguna hanya cukup melakukan pembelian voucher dimana saat melakukan pembelian pertama pengguna akan diminta untuk melakukan registrasi dengan mengisi data kendaraan yang digunakan.
Proses pendataan ini sangat diperlukan selain untuk kemudahan pengguna itu sendiri terpenting adalah dari segi keamanan kendaraan milik warga pengguna jasa parkir.
“Untuk saat ini warga bisa membeli kartu e-voucher di gerai-gerai dan outlet yang kami siapkan. Karena ini tahap uji coba sementara layanan pembelian e-voucher masih terbatas pada gerai2 yang titik lokasinya akan kami umumkan. Ke depan, warga bisa membeli kartu e-voucher ini di minimarket-minimarket terdekat yang selanjutnya kartu dapat langsung digunakan dengan melakukan tape in (masuk) dan tape out kepada operator/petugas parkir di lapangan.
“Apapun upaya yang kami lakukan,jelas tidak akan bisa berjalan optimal tanpa bantuan dan kerja sama semua pihak,terutama dukungan penuh dari Pemkab Sidoarjo khususnya Dinas Perhubungan selaku OPD yang berwenang. Maka.kami sangat berharap bantuan dari teman-teman media agar membantu mensosialisasikan program layanan parkir e-voucher ini kepada warga Sidoarjo. Saat ini kami juga sedang mempersiapkan semua sarana yang diperlukan seperti rambu-rambu, penertiban parkir liar serta kelengkapan pendukung lainnya seperti pembukaan outlet serta rekruitmen operator/juru parkir.(Dillah)

Berita Terkait

Top