Lakukan Praktik “Lebih Bayar”.BPJS Sidoarjo Tak Perpanjang Kerja Sama YanKes Dengan RSU Anwar Medika


Dodi.Kabid Pelayanan dan penyelesaian perselisihan kerja sama BPJS Sidoarjo.(Dillah)

DIMENSINEWS.COM SIDOARJO; Meski sedikit terlambat, Komisi D DPRD Sidoarjo akhirnya merespon keputusan BPJS Sidoarjo yang tidak memperpanjang lagi perjanjian kerja sama pelayanan kesehatan dengan managemen RSU Anwar Medika.
Jum’at (29/12) pagi tadi,Komisi Bidang Kesra dan ketenaga kerjaan itu menghadirkan pihak2 yang berseteru yakni perwakilan dari BPJS, managemen RSU Anwar Medika serta dari Dinas Kesehatan.
Bertempat diruang sidang utama,acara rapat dengar pendapat (hearing) yang terkesan sdikit mendadak dan tertutup itu hampir lolos lolos dari pantauan awak media.
Ketua Komisi D Abdillah Nasich, yang memimpin jalannya Rapat dengar pendapat dalam sambutan singkatnya berharap agar polemik seputar pemutusan kontrak kerja sama antara BPJS dan RSU Anwar Medika ini segera akhiri dan selanjutnya kembali duduk bersama guna mencari solusi yang baik dan cepat.
“Karena bila konflik ini terus berlarut,masyarakat_lh selaku pengguna jasa layanan kesehatan yang paling dirugikan.Meski pihak BPJS sudah melakukan upaya taktis dengan memindah para pengguna jasa rumah sakit lain”papar legislator asal PKB ini.
Merespon penjelasan Nasich,perwakilan dari BPJS,Dodi memaparkan bahwa keputusan untuk tidak memperpanjang kontrak kerja sama pelayanan kesehatan kepada RSU Anwar Medika sudah melalui mekanisme dan prosedur serta pertimbangan sebagaimana.diatur dalam perundang-undangan.
“Selain itu,keputusan tersebut juga mempertimbangan rekomendasi dari hasil rapat Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) Cabang Sidoarjo yang terdiri dari unsur perwakilan organisasi profesi tenaga kesehatan, serta hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Wilayah Jawa Timur”tutur Dodi
Lebih jauh Dodi menjelaskan ada beberapa aspek yang sangat krusial yang menjadi point utama pemutusan kerja sama sebagaimana hasil temuan dari tim auditor pihak BPJS yang dilakukan mwnegemen Anwar Medika.
“Terkait hal itu kami tidak bisa sampaikan dal am forum ini pak.Tapi akan kami sampaikan dalam forum lebih lanjut”tandas Dodi.
Sementara menanggapi penjelasan dari pihak BPJS,Dirut RSU Anwar Medika,Dr Nungki menjelaskan pihaknya sebenarnya sudah melakukan berbagai upaya perbaikan.di internal managemen RSU Anwar Medika terkiat temuan tim auditor dari BPJS,
“Termasuk kami sudah beriktikad baik dengan mengembalikan apa yang disebut dengan kelebihan bayar pihak BPJS kepada kami.Tapi kami hanya bisa pasrah saja bila itu dinilai masih belum cukup pak”ujar Nungki
Bagaimanapun lanjut Nungki,pihak RSU Anwar Medika saat ini msih tetap berharap kerja sama pelayanan kesehatan dari BPJS bisa kembali diperpanjang.(Dillah)

Berita Terkait

Top