Musrembang 2025, Gus Muhdlor Minta OPD Kreatif Susun Program DAK


DIMENSINEWS.COM – SIDOARJO : Pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sidoarjo diminta kreatif  dalam menyusun program pembangunan. Termasuk pentingnya program yang pendanaannya diusulkan ke pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sidoarjo.

Demikian dikatakan Bupati Ahmad Muhdlor Ali,  saat acara Musrembang 2025 RKPD Tahun 2025 dan RPJPD Kabupaten Sidoarjo Tahun 2025-2045 di The Sun Hotel, Kamis (07/03). “Saya minta kepala OPD mengusulkan program kepada pemerintah pusat melalui usulan DAK untuk membantu pembangunan infrastruktur maupun pembangunan sumber daya manusia,” jelasnya.

Gus Muhdlor, sapaan Bupati Sidoarjo  membeberkan 6 program prioritas yang akan dicapai di tahun 2025. Pertama, mempercepat pembangunan infrastruktur lintas daerah, seperti jalan frontage road yang bakal segera tembus Surabaya. Kedua, mengoptimalkan sektor industri bidang jasa dan logistik baik skala regional maupun nasional. Ketiga, menekan angka pengangguran lewat optimalisasi peran industri perdagangan serta mendorong peningkatan produksi ekspor.

Lalu, keempat, percepatan penanggulangan kemiskinan dengan menyiapkan langkah strategis guna meningkatkan sektor perikanan, pertanian, ekonomi kreatif yang diintegrasikan dengan koperasi dan usaha mikro hingga ke level desa. Kelima, melakukan penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter dan SDM yang unggul di bidang kesehatan dan pendidikan. Serta menyiapkan SDM yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan sektor industri swasta maupun bekal wirausaha.

Terakhir, peningkatan tata kelola pemerintahan yang bersih melalui percepatan transformasi digital dan pelayanan publik berkualitas serta mengimplementasikan pembangunan berkelanjutan. “Untuk itu saya mengajak kepada seluruh perangkat daerah untuk menggali lebih dalam potensi Sidoarjo, selanjutkan dikembangkan potensi tersebut sehingga menjadi daya tarik bagi investor dalam maupun luar negeri. Tujuannya menarik sebanyak-banyaknya investor untuk bisa kerja sama dengan pemerintah guna membangun Sidoarjo lebih baik dan gemilang,”jelas Gus Muhdlor.

Sementara itu kepala Bappeda Kabupaten Sidoarjo Heri Soesanto mengatakan, kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Sidoarjo tahun 2025 bertujuan untuk memberikan masukan, penyempurnaan rancangan rencana kerja pemerintah daerah menjadi rancangan akhir RKPD 2025. Serta penyelarasan usulan rencana kegiatan kecamatan hasil musrenbang kecamatan dan tingkat desa dan juga pokok-pokok pikiran DPRD dengan Renja perangkat daerah yang bersifat Top Down yang dilaksanakan pada Tahun  2025.

“Sedangkan Musrenbang  RPJPD Kabupaten Sidoarjo tahun 2025-2045 bertujuan untuk penajaman penyelarasan klarifikasi dan kesepakatan terhadap visi misi arah kebijakan dan sasaran pokok di dalam RPJPD kab sda th 2025-2045,” katanya. (*/dilah)

 

Berita Terkait

Top