Pemkab Sidoarjo Dorong Penyandang Disabilitas Tingkatkan Usahanya Agar Berdaya Saing Tinggi


Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Usaha Mikro Disabilitas dan PKL digelar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Sidoarjo yang dibuka Plt Bupati H. Subandi di Pendopo Delta Wibawa, Selasa (6/8) siang.

DIMENSINEWS.COM- SIDOARJO ; Pemkab Sidoarjo terus memberikan perhatian bagi penyandang disabilitas di Sidoarjo. Kali ini melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo telah menggelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Usaha Mikro Disabilitas dan PKL di Pendopo Delta Wibawa, Selasa (6/8) siang.

Kegiatan diikuti sekitar 100 penyandang disabilitas dan pedagang kaki  lima (PKL) dibuka  Plt. Bupati Sidoarjo H. Subandi SH,M.Kn. Ikut hadir Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo Muhammad Edi Kurniadi, dan beberapa pejabat teras jajaran Pemkab Sidoarjo.

Plt. Bupati  Subandi mengatakan pihaknya mendukung para pelaku usaha mikro disabilitas untuk maju dan berkembang.  Pelaku usaha mikro memilki andil dalam menjaga stabilitas perekonomian di Sidoarjo.

Selain itu, keberadaan usaha mikro terbukti mampu menurunkan angka pengangguran. Terbukti tingkat pengangguran terbuka di Sidoarjo turun sebanyak 0,75% dari 8,80% menjadi 8,05%. “Kami berkomitmen mendukung para pelaku usaha mikro khususnya penyandang disabilitas dan PKL untuk terus berkembang dan siap dalam menghadapi tantangan,” ucapnya.

Dia menambahkan, pendampingan dan pelatihan akan terus diberikan kepada pelaku usaha mikro disabilitas dan PKL. Dengan begitu ia berharap tetap bersemangat berusaha meski memiliki keterbatasan fisik.  Mereka juga diminta terus berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan produk usahanya.

Selain itu, Pemkab Sidoarjo akan mengajak pelaku usaha mikro disabilitas dan PKL untuk berkolaborasi dalam memasarkan produk yang dihasilkan. “Pemkab Sidoarjo membuka kesempatan bagi pelaku usaha disabilitas dan PKL untuk berkolaborasi dalam setiap event. Sehingga sinergitas antara Pemkab Sidoarjo dengan para pelaku usaha  tetap terjaga dengan baik,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo Muhammad Edi Kurniadi mengatakan persaingan usaha saat ini sangat ketat. Oleh karenanya dibutuhkan kemampuan usaha yang handal, tangguh serta memiliki daya saing yang tinggi.

Kemampuan manajemen pelaku usaha dan kualitas produk yang bagus, lanjut dia akan  menjadikan pelaku usaha mampu bersaing. “Melalui kegiatan ini kami ingin memberikan wawasan dan motivasi kepada mereka dalam menjalankan usahanya,” katanya. (*/rhema,dilah)

Berita Terkait

Top