Aba Usman Beri Pelaku UMKM Strategi Jitu Jual Produk Via Online


Ketua DPRD Sidoarjo H Usman M Kes saat memberikan paparan pelatihan kepada sedikitnya 100 pelaku Usaha kecil Mikro dan menengah (UMKM)

Antusiasme para pelaku UMKM saat Aba Usman menyampaikan kiat dan strategi jitu cara berjualan via Online.(Dillah) 

DIMENSINEWS.COM SIDOARJO ; Meski hari-hari kerap disibukkan dengan aktivitas dan rutinitas tugas kedewanan,,namun dunia usaha khususnya di sektor Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) ternyata tak luput juga mendapat perhatian serius dari Ketua DPRD Sidoarjo H Usman M Kes.

Hal ini ia buktikan dengan pada Rabu (3/7) pagi hingga siang kemarin,Legislator dari PKB itu menyempatkan hadir di tengah-tengah kalangan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Kehadiran Aba Usman,panggilan akrab politisi gaek yang dikenal dekat dengan semua kalangan ini tampil sebagai narasumber dalam kegiatan Pelatihan Pemasaran Produk Secara Online Kec. Waru yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Sidoarjo.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama dua hari yang mana seluruh rangkaian kegiatan pelatihan ini diikuti sekitar 100 pengusaha UMKM se_ wilayah Kecamatan Waru, yang dilangsungkan di Surya Hotel & Cottage Prigen, Rabu (3/7) siang.

Menariknya, kegiatan ini tidak hanya sebagai langkah pemberdayaan bagi kalangan UMKM agar berdaya saing tinggi, sekaligus harus adaptif dengan perkembangan teknologi digital.

Lebih jauh kehadiran Abah Usman,yang saat ini juga sebagai salah satu kandidat kuat calon bupati dari PKB pada Pilkada Sidoarjo 2024 ini dirasa telah memberikan energi tersendiri bagi para pelaku UMKM untuk terus maju dan berkembang ke depannya.

Apalagi figur politisi asal Kec Sedati itu sebelumnya sudah banyak dikenal begitu mereka kenal dengan akrab.
Setidaknya ini terlihat saat memberikan paparan materi pelatihan kegiatan situasi berlangsung gayeng,hangat dan bpenuh kekeluargaan.

Sepanjang acara berlangsung peserta begitu antusias menyimak sekaligus bertanya, yang langsung dijawab oleh Abah Usman dengan bahasa yang mudah dipahami.

Sesekali diselingi joke-joke segar. Suasana pun begitu cair, terutama saat sesi tanya jawab menyangkut kiat – kiat memasarkan produk melalui sistem online sebagai strategis menghadapi persaingan yang begitu kompetitif, seiring perkembangan digital memasuki era globalisasi.

Abah Usman mengatakan, tanpa disadari bahwa seiring perkembangan digiltal dewasa ini telah merubah perilaku rutinitas masyarakat. Termasuk merubah kebiasaan pemasaran secara konvesional (offline), menjadi online, seiring perkembangan platform media digital.

Karena dengan cara online, terbukti akan mendapatkan kemudahan, dan kecepatan dalam berjualan. “Ini sudah menjadi tuntutan kita semua. Karena dengan cara online akan lebih mudah, cepat tanpa ribet. Dan berpotensi merubah segalanya,” katanya.

Lebih lanjut, Abah Usman mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan pelatihan ini, karena memang dibutuhkan sebagai langkah pemberdayaan UMKM . “Kami di DPR tentunya tidak ragu menfasilitasi, usulan dan gagasan yang positif sebagai legalitas program kegiatan berkesinambungan untuk kebaikan warga Sidoarjo,”ujarnya.

Ditambahkan bahwa sistem pemasaran produk melalui online bisa meningkatkan ekonomi kreatif, sekaligus memperluas jaringan pemasaran. Sehingga multy playernya dapat meningkatkan sumber penghasilan. “Ini muara terwujudnya legalitas pemasaran secara online. Di antaranya optimalisasi pemberdayaan ekonomi kerakyatan berbasis kreativitas. Ini juga sebagai upaya perbaikan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Untuk itu, pihaknya berharap para pelaku UMKM agar bisa lebih cepat adaptif dengan perkembangan teknologi digital yang berkembang sangat cepat saat ini.

Kondisi ini menuntut pelaku usaha untuk tak hnya kreatif namun juga hrus selalu inovatig di segala bidang.

“Tentunya semua usaha harus diimbangi dengan perencanaan dan strategi pemasaran yang bagus.Karena strategi pemasaran berbasis Online ini tidak hanya mudah dan cepat namun juga bisa memangkas biaya promosi yang mana tujuan dan hasil akhirnya adalah selain bisa bisa semakin meningkatkan keuntungan,terpenting bisa meningkatkan pendapatan”pungkas Aba Usman.(Dillah)

Berita Terkait

Top