Polresta Sidoarjo Musnahkan Ribuan BB Berbagai Jenis Hasil Sita Kejahatan


Kapolresta Sidoarjo AKBP Cristian Tobing bersama seluruh pejabat Forkompinda berpose sesaat sebelum prosesi pemusnahan barang bukti hasil tindak kejahatan.(Foto;Dillah)

DIMENSINEWS.COM SIDOARJO; Kurang sepekan jelang berakhirnya Tahun 2023 Polresta Sidoarjo Jum’at (29/12) siang hingga sore kemarin mengadakan giat dengan memusnahkan ribuan botol barang bukti Miras berbagai jenis dan Narkoba.

Giat yang digelar rutin setiap jelang akhir tahun itu dilaksanakan di halaman Mapolresta Sidoarjo.
Didampingi oleh Wakapolresta serta pejabat Forkompimda yang hadir prosesi pemusnahan barang bukti hasil kejahatan selama kurun waktu satu tahun tersebut dipimpin langsung oleh Kapolresta Sidoarjo AKBP Christian Tobing.
Mengawali sambutan singkatnya,Kapolres menyampaikan barang bukti yang akan dimusnahkan tersebut disita selama tahun 2023 berupa ganja seberat 869,45 gram, sabu sabu berat 7.174,82 gram, extasi 519 butir, pil atao obat obat lainya sebanyak 1.115.458 butir.
“Berdasar hasil catatatan data yang terangkum,kasus kriminalitas mulai januari-Desember 2023, curat curanmor, judi, narkoba prosentase penyelesaian perkara rata rata mengalami kenaikan mulai dari laporan dan penyelesaiannya diatas 100%” terang Cristian.
“Sementara untuk pengamanan kasus2 tipiring mulai januari-Desember 2023, untuk penjualan miras tanpa ijin sebànyak 301 perkara yang sudah diajukan ke pengadilan serta penyelesaiannya perkara 100 botol, dari total yang berhasil disita sebanyak 426 botol”lanjutnya.
“Sedangkan data pelanggaran lalu lintas untuk tahun 2022-2923, pelanggaran tilang mengalami penurunan dengan tren 43,55% dan jumlah teguran mengalami kenaikan dengan prosentase 55,2%. Dengan bentuk penilangan di jalan dapat menurunkan angka kecelakaan karena angka kecelakaan di Sidoarjo cukup tinggi tentunya merupakan tugas kita bersama untuk melakukan upaya pencegahan dan sosialisasi khususnya kepada anak anak muda.
Kejadian laka lantas mengalami penurunan 14,07%, meninggal dunia turun 21,29% penurunan ini merupakan upaya pecegahan lalulintas dengan menempatkan personil pada pos pos yang berada di wilayah Kabupaten Sidoarjo, melaksanakan terapi di tempat rawan laka lantas serta koordinasi dengan pihak terkait dan memasang rambu lalu lintas.
*Penghargaan yang diraih, Penghargaan Unit penyelenggaraan pelayanan publik atao kategori pelayanan prima kemudian penghargaan internal Polri atas kategori pelayanan prima dari Kementerian PANRB mendapatkan Presisi Oward inovasi pelayanan terbaik dalam rangka hari Bayangkara Ke-77, Penghargaan Top Inovasi Terpuji, penghargaan Tindak Pidana perdagangan orang dalam rangka pengungkapan kasus, Penghargaan Masjid Perkantoran DMI Oward 2023 dan penghargaan Presisi Oward dari Lemkapi.
^Data kasus menonjol, ungkap kasus pembunuhan berencana menggunakan potasium di bulan juli 2023, kasus pembunuhan dengan motif cemburu pada 5 januari 2023 dan pembunuhan korban tangan terikat pada bulan februari 2023;, pengeroyokan dengan korban meninggal dunia pada bulan januari, pengeroyokan dengan sajjam pada bulan mei dan pengeroyokan dengan modus meminjam speda motor.
*Ungkap kasus penjambretan, kasus pengancaman yang viral di media sosial dan ungkap kasus dalam kejahatan jalanan seperti pengambilan HP, spesialis bobol rumah kosong pencurian mobil zez diwilayah waru, bobol ATM Sinar mas di krian,komplotan curanmor yang berhasil diringkus dan pembobolan rumah kosong di Tulangan.
Christian Tobing dalam keterangan Pers bersama awak media menjelaskan,
Selama tahun 2023 Polresta sidoarjo berhasil mengungkap kasus dengan 150 persen dibandingkan pengungkapan kasus di tahun 2022, Ditahun 2023 sudah menyelesaikan kasus, utamanya kasus yang masih menonjol di wilayah Sidoarjo yaitu, kegiatan jalanan mulai curas, curat curanmor yang kemudian juga ada kejadian yang berhasil pengungkapan kasus dan kejadian tindak pidana perdagangan orang, perempuan dan anak.
Yang paling penting kita bagaimana melakukan upaya upaya premtip dan prepentif dengan upaya pencegahan melakukan kegiatan patroli secara maksimal di tempat tempat rawan kejadian kejahatan dan juga melakukan penempatan anggota resere utamanya untuk mencegah terjadinya kejahatan, kita juga melakukan kegiatan operasi rutin dilakukan ditempat tempat yang ditentukan oleh polsek masing masing untuk mempersempit ruang gerak maupun mencegah pelaku untuk melakukan kejahatan.
Memasuki Tahun 2024 nanti Kapolresta sidoarjo menghimbau kepada masyarakatbuntuk bersama sama menjaga situasi kamtibmas yang sudah berjalan selama ini.
“Kami tidak segan segan untuk menindak pelaku kejahatan utamanya kelompok anak anak muda yang menggunakan satjam, berkendara ugal ugalan dijalan raya, Polresta Sidoaejo akan berupaya memberantas terhadap premanisme”tukasnya
Untuk persiapan pengamanan tahun baru 2024 pola pengamanan sudah dilakukan dengan pembentukan pos Pengamanan yang berada diwilayah sidoarjo, pos terpadu, ada tujuh pos pengamanan, satu pos pelayanan dan satu pos terpadu, sehingga masyarakat dalam melaksanakan tahun baru bisa aman dan damai.(Dillah)

Berita Terkait

Top