H Usman M Kes”Tolong Terus Jaga Profesionalitas.Tidak Hanya Berfikir Bagaimana Mencari Isinya Tas”


19 Anggota DPRD yang baru terpilih saat mengikuti acara pembekalan di ruang sidang utama Rabu (22/5) siang tadi.

Ketua DPRDbSidoarjo H Usman M Kes saat memberikan wejangan kepada 19 anggota legislatif yang terpilih pada Pemilu Legislatif (Pileg) Februari lalu.(Dillah)

DIMENSINEWS.COM SIDOARJO; Meski pelantikan 19 anggota DPRD terpilih (baru) hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) terhitung masih3 bulan lagi,namun Ketua DPRD H Usman M Kes beserta unsur Pimpinan DPRD definitif Rabu (22/5) siang tadi mengundang 19 anggota dewan untuk diberi pembekalan.
Bertempat di ruang sidang utama, belasan anggota dewan terpilih yang sebagian besar masih berusia muda itu diberi pembekalan serta diberi kesempatan untuk bertanya seputar apa tugas dan fungsi sebagai anggota legaislatif.
“Menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) memiliki tugas dan fungsi yang sangat strategis berkaitan dengan bidang Legislasi, budgeting anggaran dan pengawasan.Maka mengrtahui serta memahami semua aspek berkaitan dengan fungsi dan tugas legaslatif mutlak diperlukan”papar M Soleh staff ahli bidang pemerintahan yang ikut dihadirkan sebagai Nara sumber.
Sementara ketua DPRD H Usman M Kes dalam kesempatan sesi pembicaraan selain menjelaskan panjang lebar tentang apa saja fungsi dan tugas anggota legislatif,,orang nomer satu di DPRD yang telah menyatakan maju/Running dlan Pilkada Bulan November depan itu sekaligus juga memberi wejangan termasuk apa saja hak dan kewajiban yang hrus dilakukan bila telah duduk di kursi empuk dewan.
“Bagaimanapun kami sangat berharap semua anggota dewan baru ini bisa bekerja lebih profesional.Tidak malas,apalagi hnya 5 D (Datang,duduk,dengar dapat duit).
Profesionalitas dijunjung tinggi.Tidak hanya berfikir tentang bagaimana mencari isi tas”kelakar Usman.
Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD H Kayan (Partai Gerindra) dan Wakil Ketua DPRD DR Emir Firdaus (PAN).
“Oleh karenanya, kegiatan pengenalan tugas kedewanan terhadap para legislator baru dipandang penting untuk pemantapan kompetensi anggota dewan pada level yang memadai. Sehingga mampu melaksanakan tugas secara optimal dalam merumuskan serta mengimplementasikan berbagai kebijakan daerah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujar Ketua DPRD Sidoarjo H Usman dari PKB ini.
Menurut dia, tugas menjadi anggota DPRD merupakan panggilan mulia yang memiliki dengan tanggung jawab yang tak ringan. Disadari pula anggota DPRD yang terpilih, sebagian merupakan anggota baru dan berasal dari berbagai latar belakang. Dilain pihak, banyak partai politik yang tak sempat melakukan proses kaderisasi serta membekali calegnya tentang politik, tugas maupun fungsi DPRD. “Sebab tujuan pengenalan ini untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian anggota DPRD dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah dalam kerangka NKRI, jadi sebelum dilantik pada akhir Agustus nanti, mereka sudah paham tentang tugas dan fungsi dewan, termasuk dalam menyusun Tatib DPRD,” ujarnya.(Dillah)

Berita Terkait

Top