Peringati HUT 19 Tahun LSM LIRA Gelar Rapimnas,Sosialisasikan Program BPJS Dan Seminar Anti Korupsi.Ketua DPRD H Usman M Kes Apresiasi Komitmen LSM LIRA Berantas Korupsi


 

Presiden dan Wakil Presiden LSM LIRA, Gubernur LIRA, Mantan Ketua KPK , Ketua DPRD Sidoarjo serta tamu undangan berfoto bersama.

Ketua DPC Pemuda Pancasila Sidoarjo H Mursidi dan Pimpinan komunitas WAG Ruang Publik Sidoarjo Sujani S Sos ikut mendapat kehormatan memukul Gong sebagai tanda dimulainya seluruh rangkaian acara.(Dillah)

DIMENSINEWS.COM SIDOARJO; Memasuki usia ke 19 tahunnya,Rabu (26/6) kemarin,Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung informasi rakyat (LSM LIRA) menggelar Rapimnas (Rapat Pmpinan Nasional).Bertempat di Ballroom The Sun City Hotel,Rapimnas yang dihadiri hampir seluruh jajaran pimpinan tingkat kabupaten,propinsi dan pusat tersebut sekaligus juga menggelar acara sosialisasi program-progran BPJS (Badan penyelenggara jaminan sosial),seminar sehari serta pelatihan. Anti korupsi yang diikuti peserta yang hadir.

Acara sosialisasi BPJS dan Seminar dan Pelatihan anti korupsi merupakan rangkain kegiatan HUT Ke-19 LSM LIRA dengan tema “Mengawal Komitmen Dan Janji Politik Berantas Korupsi Prabowo – Gibran”.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Presiden LSM LIRA, H.M Jusuf Rizal SH, Gubernur LSM LIRA Syamsudin SH, Bupati dan Wali Kota LIRA, se Indonesia, Waka Polres Sidoarjo, Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman M.Kes. Mantan Ketua KPK Ir . H. Agus Raharjo, perwakilan dari pejabat OPD Pemkab Sidoarjo, Ketua DPRD Sidoarjo H Usman M Kes serta perwakilan dari anggota DPRD dari Fraksi PDIP H. Yarno.

Puncak acara Seminar dan Pelatihan Anti Korupsi selain dibuka oleh 9 tokoh, juga ditandai dengan pemukulan gong.

Sebelum prosesi pemukulan gong sebagaintanda dimulainya seluruh rangkaian acara,terlebih dahulu dilakukan prosesi pemotongan tumpeng oleh Presiden LSM LIRA H.M Jusuf, yang secara langsung diberikan kepada Ketua DPRD kabupaten Sidoarjo H. Usman M.Kes.

Presisden LIRA H. M. Jusuf Rizal SH dlam pidatonya mengatakan, akan melakukan konsolidasi, pembenahan, serta revitalisasi kepengurusan dan program di seluruh Indonesia termasuk di Jawa Tmur.

Sebagai langkah awal pembenahan organisasi M Jusuf Rizal melakukan pergantian kepengurusan untuk jajaran kepengurusan di tingkat propinsi (Gubernur),yang mana dalam.agemad araoa pleno sebelumnya diputuskan telah memilih saudara Syamsudin, sebagai Gubernur LIRA di Provinsi Jawa Timur periode 2024-2025

“Saya berharap Jawa Timur ini bisa menjadi salah satu barometer, sebagai percontohan bagi kepengurusan lira-lira yang lain di daerah untuk bisa meniru untuk bisa mengembangkan jaringan ini”, papar Jusuf.

Lebih lanjut, tidak hanya di tingkat kabupaten kota tapi sampai dengan Desa karena kita mengembangkan programnya.

“Jadi satu desa satu jurnalis itulah di sekitar tempat” tutur Jusuf.J

usuf menambahkan, visi ke depan lagi adalah kita memang ingin mengawal komitmen dan janji politik presiden terpilih Prabowo dan Gibran, di dalam pemerataan korupsi

“Jangan sampai janji-janji politik itu kemudian hanya omong-omong sehingga kita sebagai simbol Society terus mendorong untuk ikut membangun Indonesia menjaga Negeri kira-kira gitu,” tambahnya.

Sementara itu Gubernur LSM LIRA, yang baru Syamsudin SH kepada awak media mengatakan bahwa setelah terpilih, ke depannya ia akan melaksanakan apa yang sudah menjadi tugas organisasi, tentunya pertama membesarkan LIRA dengan membangun jaringan sampai ke tingkat desa.

“Kami akan tegak lurus untuk memberantas tindak pidana korupsi di seluruh Jawa Timur. Kalau target 100 hari ke depan, pertama saya akan membenahi organisasi dan struktur organisasi di seluruh Jawa Timur”, tutur Syamsudin.

Syamsudin menyampaikan, akan tuntaskan dugaan tindak pidana korupsi yang dilaporkan oleh DPD – DPD di tingkat Jawa Timur.

H Usman Ms.Kes Apresiasi LSM LIRA.

Sementara dalam kesempatan memberikan pidatonya mengapresiasi kegiatan Rampimnas sekaligus perayaan Ultah LSM LIRA yang diharapkan terus berkarya dalam pengabdiannya dalam berbangsa dan bernegara. “Keberadaan LSM sangat dibutuhan masyarakat. Termasuk eksistensi LSM LIRA yang kiprahnya tidak perlu kita ragukan untuk kepentingan bermasyarakat dan berbangsa,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan LSM memiliki karakteristik sebagai lembaga yang independen, tidak terafiliasi dengan pemerintah, dan memiliki tujuan untuk memperjuangkan keadilan. Selain itu juga sebagai agen memperjuangan hak asasi manusia, lingkungan, dan masalah sosial lainnya.

Lebih lanjut Abah Usman,begitu legislator yg selalu tampil “humble” itu juga mengaku bangga bisa hadir di acara yang digelar LSM yang selama ini dikenal bekerja memperjuangkan kepentingan masyarakat, memberikan pelayanan dan dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan. Pihaknya juga menyadari betul peran LSM, seperti LIRA sangatlah diperlukan dalam hal pengawasan demi kesejahteraan rakyat.

“Tugas dan fungsinya sebagai lembaga memperjuangan kepentingan masyarakat dan kontrol sosial. Ini tidak berbeda dengan kami yang berada di legislatif. Dan kami di dewan sangat terbuka bersinergi dengan LSM LIRA yang sama sama mempunyai fungsi kontrol terhadap kondisi sosial,” tegasnya. “Mari kita bersama sama untuk saling mendukung terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih, terbebas dari tindak korupsi,” tambahnya.(Dillah)

Berita Terkait

Top