Prihatin Kondisi Rumah Warganya.Subandi Gerojok Bantuan.


Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi saat prosesi penyerahan bantuan berupa paket sembako kepada warga Desa Cangkring Kec Krembung yang diberikan secara symbolis Selasa (19/9) pagi tadi.

DimensiNews: Prihatin akan kondisi rumah Agus Suyanto, salah seorang warga Dsn Bengok RT 09 RW 3 Desa Cangkring Kec Krembung.Wakil Bupati Sidoarjo H.Subandi SH bakal berupaya secepatnya untuk mmberi bantuan melalui program bedah rumah senilai Rp. 20 Juta Rupiah kepada Agus

Kepastian pemberian bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) ini disampaikan secara langsung orang nmor dua di Kota Delta ini kepada pasangan suami istri Agus Suyanto (61) dan Kartiningsih (43) saat prosesi pemberianbantuan sembako di Kantor Kecamatan Krembong Selasa (19/9) pagi tadi.
Dihadapan para pejabat Muspika kecamatan setempat,Anggota dewan dan pejabat dari BAZNAS Sidoarjo,Subandi menuturkan.
Bantuan bedah rumah kepada pasutri yang bekerja sebagai buruh kasar pabrik krupuk sangat mendesak untuk segera diberikan.
“Dari kunjungan yang sya lakukan,kondisi rumah warga ini sangat memprihatinkan.
Untuk itu saya akan segera melakukan upaya koordinasi kepada semua jajaran yang terkait dengan program bantuan bedah rumah,khusus_ny dari BAZNAS akan mmberikan perhatian serius dan secepatny bisa mndpatkan bantuan biaya awal.Minimal Rp.20 juta dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sidoarjo.Nnti bila ad kekurangan mari kita sama-sama bergotong royong untuk membantu”tukas Subandi serius.
Lebih lanjut Legislator yang juga mantan Kades itu mengatakan dengan semangat gotong royong dan hidup guyub antr semua problem sosial terutama masalah RTLH akan bisa cepat teratasi.
“Saya bisa pastikan bila semua warga guyub,minimal swadaya tenaga atau bantuan lain apapun pasti akan datang.Itu hrus dijaga dan harus diterapkan di semua dilingkungan .”tukas Legislator yang juga orang nmor satu di DPC PKB Sidoarjo ini.
Lebih lanjut brdasar informasi yang dia terima.Agus Suyanto ini hidup bersama 2 orang anaknya.Satu masih berumur balita,sedang satunya masih duduk di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Wilayah Kecamatan Tulangan.
Dari hasil peninjauan yang dilakukan bersama aparat desa setempat kondisi bangunan rumah Agus selain semua dinding terbuat dari anyaman bambu dan kayu yang sudah lapuk,serta atap rumah ditutup dengan matrial seadanya.
Kondisi tersebut tak urung membuat hampir seisi ruangan mulai kamar,ruang tamu,dapur hingga kamar mandi basah kuyub bila terkena hujan.karena bocor.
Selama bertahun-tahun Agus dan keluarganya terpaksa hrus hidup dengan kondisi demikian karena sebagai buruh pabrik krupuk dengan penghasilan Rp.75 ribu perhari tidaklah ckup untuk memperbaiki rumahnya tersebut.
“Penghasilan kami sebagai buruh pabrik selama ini hanya ckup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.itupun istri sya juga harus Nyambi jualan pentol dan makanan ringan.Belum lagi untuk kebutuhan anak2 yang masih sekolah di SMK dan anaknya yang masing usia 2,5 tahun”Papar Agus lirih.
Sentara mendengar keluhan langsung dari Agus,,Subandi selain meminta pihak Desa bersama Baznas Kabupaten Sidoarjo untuk saling kordinasi untuk kelancaran pembangunan rumah Agus. Pihqknya bersama jajaran SKPD lain juga akan mengupayakan memberikan bantuan lain berupa fasilitas BPJS gratis untuk semua keluarga Agus Suyanto.(Dillah)

Berita Terkait

Top