H Sugiono,Sang ‘Tukang’ Insinyur Listrik Bertekad Rubah Total Wajah Sidoarjo


H Sugiono saat berbincang santai dengan Ketua DPC PDIP Sidoarjo Drs Sumi Harsono setiba di sekretariat kantor DPC PDIP Minggu (19/5) siang kemarin.

H Sugiono tak kuasa menahan haru saat menyampaikan pidato politiknya usai prosesi serah terima formulir berkas pendaftaran

H Sugiono berpose bersama bersama seluruh jajaran pengurus DPC PDIP serta Panitia Penjaringan Cabup-Cawabup Sidoarjo.(Dillah)

DIMENSINEWS.COM SIDOARJO; H Sugiono Adi Salam MM MPU,akhirnya secara resmi memantabkan diri ikut meramaikan pentas perebutan/Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sidoarjo.
Kepastian majunya Aba Gik,panggilan akrab konglomerat yang menggeluti berbagai bidang bisnis berbasis kelistrikan ini terjawab pada Minggu (19/5) siang kemarin kembali mendatangi kantor sekretariat DPC PDI-P Jl Raya Jati No 1 Sidoarjo.
Datang dengan mengendarai mobil mewahnya Alphard keluaran terbaru serta dikawal puluhan simpatisannya ,kehadiran pria dengan ciri khas selalu menebar senyum ini bermaksud mengembalikan formulir pendaftaran sebagai pemenuhan syarat pendaftaran.
Rombongan Abah Gik yang diantar puluhan simpatisan berkaitan resmi hita putih tersebut disambut langsung oleh Ketua DPC PDIP Sidoarjo Drs Sumi Harsono dan sekretaris Samsul Hadi.
Ikut hadir seluruh jajaran panitia penjaringan Mundzir Dwi Ilmiawan,Nadia Bafaqih serta Tri Hendroyono sebagai tim penjaringan Cakada PDIP.
Dlam.sambutqn singkatnya usai prosesi penyerahan formulir diterima oleh Ketua Panitia penjaringan Tri Hendroyono,H Sugiono menunkapkan bahwa penyerahan kembali formulir ini adalah bagian dari ikhtiar keseriusannya untuk maju dlam.komtestasi Pilkada yang bakal dihelat Bulan November nanti.
Suasna sempat berubah hening dan sedikit emosional saat disela sambutanya Sugiono tiba2 menitikkan air mata.Dengan terbata,-bata pria berpostur tinggi besar itu bercerita betapa telah banyak terjadi penyelewengan sejarah yang dilakukan oleh penguasa Orde Baru,Soeharto terhadap bapak pendiri bangsa Ir Soekarno.
“Sejak masih sekolah dulu,saya adalah seorang Nasionalis dan sangat mengagumi mengagumi Bung Karno. Namun Karena sempat ter provok oleh Film G30/S PKI di masa orde baru,,sehingga kecintaan saya berubah kepada beliau (bung karno) sempat terganggu”ujlasnya sambil mengusap air mata.
“Tapi saya sangat bersyukur semua anggapan itu perlahan terhapus ketika saya menempuh bangku pendidikan perguruan tinggi hingga saat reformasi tiba.
Saya baru menyadari bahwa film itu penuh dengan penyelewengan sejarah, hingga saat itu saya memutuskan untuk ziarah ke makam Bung Karno di Blitar, dan memberikan sumbangsih penerangan jalan di sepanjang jalan masuk area makam beliau, “paparnya.
Berangkat dari berbagai latar belakang keprihatinannya terhadap situasi Sidoarjo yang saat ini sedikit terpuruk karena tuduhan korupsi terhadap bupatinya, Sugiono bertekad untuk membuat berbagai konsep perubahan.
Dengan mengusung slogan mewujudkan masyarakat Sidoarjo lebih baik dan berkeadilan.Serta Sidoarjo yang makmur dan bermartabat.
“Saya berangkat dari wong cilik, karenanya konsep kerakyatan itu harus dihayati dan dilaksanakan,” terang Aba Gik,menjawab pertanyaan puluhan awak media yang mewawancarainya usai prosesi serah terima berkas.
Dari isi salah satu berkas yang diserahkan,disebutkan riwayat pendidikan S1 nya adalah Pendidikan Teknik Elektro Tahun 1990 Universitas Negeri Yogyakarta.
S2 Fakultas Manajemen dan Bisnis, konsentrasi Family Managed Business, Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2016.
Prodi Program Profesi Insinyur, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Tahun 2020.
Sedang catatan Pendidikan Non Formal diantaranya Tenaga Ahli Madya Ketenagalistrikan (AMA-C, APEI-LPJK) Th.1998.
Tenaga Ahli Utama Ketenagalistrikan (AMU-D, APEI-LPJK) Th. 2010.
Surat Tanda Registrasi Insinyur Th.2021.
Sertifikat ASEAN Engineer Th.2023.
Ahli Iluminasi Level – 9 BNSP-PU Th.2023
Sementara riwayat organisasi tercatat diantaranya;
Organisasi Profesi :
Penguji Ahli Ketenagalistrikan (Asesor SKA, APEI-LPJK) Th.2010.
Sekretaris DPC AKLI Kab. Sidoarjo (Th.2002-2005).
Ketua DPC AKLI Kab. Sidoarjo (Th.2005-2012).
Sekretaris Umum DPD AKLI Jawa Timur (Th.2013-2017).
Bendahara PC APEI Metropolis (Th.2005-2008).
Ketua umum PD APEI Jawa Timur (Th.2013-2017).
Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat PP. APEI (Th.2014-2019).
Wakil Ketua GAPEKSINDO Kab. Sidoarjo (Th.2013-sekarang)
Penasehat KADIN Kab. Sidoarjo (Th.2013-sekarang)
Bidang Energi Lainnya KADIN Provinsi Jawa Timur (Th.2021-2024), dan Bidang Bisnis dan Investasi Masyarakat Ketenagalistrikan Jawa Timur (MKI).
Ir Sugiono juga merupakan owner perusahaan lampu merk Bandell, yang mensuport penerangan berbagai gedung perkantoran di Sidoarjo, dan juga menerangi lapangan stadion Gelora Delta Sidoarjo.
Sementara itu untuk sosok Cawabupnya nanti, Abah Sugiono menyatakan siap menunggu arahan dari DPP PDIP.
Karena secara realita, untuk bisa mencalonkan sebagai pasangan Cabup-Cawabup, PDIP masih memerlukan koalisi partai lagi.
Samsul Hadi SE sekretaris DPC PDIP Sidoarjo ditemui selepas menerima penyerahan formulir pendaftaran, mengaku partainya sudah menjalin komunikasi dengan beberapa partai lain untuk menjalin koalisi di Pilkada Sidoarjo 2024 nanti.
Siapa saja partai itu, Samsul Hadi masih enggan mengungkapan.
“Sabar sebentar Ma,Nanti pasti kita umumkan”pungkasnya.(Dillah)

Berita Terkait

Top